Rabu, 08 Januari 2014

Bertahan dan Berjuang

Okay...
How are you today, guys?
Kali ini, aku bakal bahas tentag "Bertahan dan Berjuang" dalam hubungan.
Secara definisi, semua pasti udah pada tau kan kalau Bertahan dan Berjuang itu adalah dua hal yang berbeda, tapi... kebanyakan dari kita nggak sadar kalau kadang kita menyamakan kedua hal tersebut dalam menjalani sebuah hubungan.



Gini deh...
Coba dipikir :
Kebanyakan dari pasangan yang hubungannya langgeng selama bertahun-tahun itu secara nggak sadar seringkali menggunakan alasan "Duh, sayang, udah lama" buat mencegah mereka pisah. Mereka secara gak langsung mulai punya mindset kalau hubungan yang udah lama itu mesti dipertahanin. Karna apa?
Karna rasanya yah sayang aja kalau putus setelah sekian lama jatuh-bangun bareng.
Ya nggak?
Ada yang ngerasa nggak?

Sah-sah aja sih sebenernya kalau punya pemikiran yang kaya gitu. Nyaris bagus malah. Berarti udah mulai dewasa dalam ngatur emosi.
Tapi pernah sadar nggak sih kalau kadang alasan yang kaya gitu cuma bakal bikin kalian makin tersesat dalam hubungan yang salah  jauh lebih lama lagi?
Pernah nggak mikir gitu?
Kalian selalu berusaha mempertahankan hubungan yang kalian punya. Tapi... kalian seringkali lupa kalau bertahan aja nggak cukup. Hubungan butuh lebih dari itu.
Bertahan hanya akan membuat hubungan menjadi lebih lama berlangsung, tapi tidak memperbaiki bagian-bagian yang mungkin "rusak" oleh waktu dalam hubungan itu sendiri.
Kebanyakan pasangan hanya sibuk mempertahankan hubungan mereka tanpa berusaha berjuang untuk membuat hubungan itu lebih kuat.

Jika kalian hanya sibuk bertahan, tapi lupa untuk berjuang memperbaiki "bagian-bagian" yang rusak, maka cepat atau lambat hubungan itu akan berakhir juga. Kalian hanya memperpanjang umurnya. Tidak lebih.
Namun...
Jika kalian berusaha bertahan sekaligus berjuang dalam sebuah hubungan, maka... besar kemungkinan kalau hubungan kalian akan lebih baik dari segala sisi.

Ada beberapa quotes tentang hal ini :

"Banyak orang yang bisa bertahan.
 Banyak pula yang bisa berjuang.
 Namun hanya sedikit yang mampu bertahan sekaligus berjuang"

"Kamu bertahan atas apa yang kamu yakini,
 Kamu berjuang atas apa yang kamu inginkan"

"Sebelum kamu pergi dan melepaskannya,
 tanyakan pada dirimu:
'apakah aku sudah cukup berjuang ketika aku mempertahankannya?' "

"Bertahan karna kenangan,
 tapi berjuang demi kebahagiaan".

Quotes2 itu hasil curhatan bareng temen2 :D





Okay, finally...
Semoga tulisan di atas bisa jadi bahan renungan dalam menjalani sebuah hubungan.





With love,
Dinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar